Minggu, 03 Mei 2009

Komet Sumber Kehidupan di Bumi

LONDON - Komet selalu mempesona bagi setiap orang. Penemuan baru dari para ilmuwan nampaknya akan semakin menambah pesona tersebut. Pasalnya, mereka menemukan bahwa komet memiliki berbagai elemen yang berkontribusi pada kemunculan kehidupan di Bumi.
Tim dari Tel Aviv University yang diketuai oleh Professor Akiva Bar-Nun, mengatakan bahwa komet diyakini merupakan elemen yang tertinggal, yang sangat dibutuhkan pada awal pembentukan Bumi di masa silam. Konon, kandungan komposisi kimia dalam komet membantu mereka memulai kehidupan.
"Komet yang meluncur ke Bumi melalui atmosfer sekira empat miliar tahun lalu membawa muatan organik dalam kapasitas besar ke Bumi yang kala itu masih muda. Materi tersebut kemudian bergabung dengan sekumpulan raksasa materi organik lainnya di Bumi dan membentuk kehidupan di Bumi," demikian ujar Profesor Bar-Nun yang dikutip dari Times of India, Kamis (30/4/2009).
Dengan menggunakan sejenis mesin yang dibuat oleh tim dari Tel Aviv University, para ilmuwan melakukan simulasi komet es. Dari simulasi itu ditemukan, komet tersebut mengandung bahan-bahan yang diperlukan dalam pembentukan Bumi.
Secara spesfik, mereka membandingkannya dengan sejenis gas mulia seperti Argon, Krypton, dan Xenon karena gas tersebut tidak bercampur dengan elemen lain dan tidak termusnahkan oleh Oksigen Bumi. Elemen tersebut memiliki proporsi yang utuh dalam atmosfer Bumi sepanjang kehidupan planet.

Tidak ada komentar:

Komentar